Upacara Bendera Hari Senin

SHARE

Bandar Buat, Padang – Upacara bendera merupakan sebuah budaya yang wajib dilaksanakan setiap hari senin di setiap jenjang sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai pada tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Upacara bendera hari senin dilaksanakan sebagai bentuk nasionalisme dan patriotisme dari peserta didik di setiap tingkat. Dengan melaksanakan kegiatan ini, peserta didik diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara dalam diri mereka.

Upacara bendera hari senin merupakan kegiatan yang sangat penting bagi setiap peserta didik. Oleh karenanya, Departemen Pendidikan Guru Sekolah Guru Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang kembali melaksanakan kegiatan tersebut pada pertengan September 2024. Upacara bendera hari senin sebenarnya telah dilaksanakan oleh Departemen PGSD FIP UNP sejak dulu. Namun, akibat pandemi COVID-19 di awal tahun 2020, Departemen PGSD FIP UNP menghentikan kegiatan tersebut. Hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri dan Surat Edaran Rektor UNP.

Pada upacara bendera hari senin pertama sejak 2020, Kepala Departemen PGSD, Prof. Dr. Yanti Fitria, M.Pd. menyampaikan bahwa upacara bendera hari senin akan dilaksanakan setiap hari senin. “Upacara bendera ini akan kita laksanakan setiap hari senin dimulai hari ini”, tuturnya. Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan bela negara pada diri mahasiswa PGSD FIP UNP. Kegiatan ini juga merupakan latihan bagi mahasiswa PGSD FIP UNP sebagai calon guru ketika menjadi guru nantinya di sekolah. Untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, jadwal mengajar di Departemen PGSD FIP UNP khususnya yang bertempat di UPP III Bandar Buat dikosongkan dari pukul 07.00 WIB s.d 09.40 WIB.