Kuliah Umum dan Pengenalan Departemen PGSD FIP UNP

SHARE

Bandar Buat, Padang - Departemen Pendidikan Guru Sekolah Guru Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang melaksanakan kuliah umum dan pengenalan departemen dengan tema membangun karakter calon guru masa depan yang inspiratif dan berintegritas. Dalam kegiatan ini, dua pemateri yang menjadi narasumber adalah Dr. Henmaidi, ST, M.Eng.Sc. dan Dr. Drs. Masril, M.Pd. Kedua pemateri ini merupakan pemateri yang ahli di bidangnya masing-masing.

Dr. Henmaidi, ST, M.Eng.Sc, dalam materinya, menyampaikan bahwa seorang calon guru harus mampu membuat rancana tentang langkah-langkah yang harus ditempuh oleh calon guru tersebut untuk mencapai kesuksesan. Beliau menyampaikan bahwa terdapat minimal 3 langkah yang harus dipersiapkan oleh calon guru untuk mencapai kesuksesan di masa yang akan datang. Tiga langkah tersebut adalah (1) merancang masa depan; (2) menata masa depan; dan (3) meraih kesuksesan masa depan.

Dr. Drs. Masril, M.Pd., dalam materinya, menyampaikan bahwa kesuksesan seorang calon guru di masa depan tidak ditentukan oleh orang lain melainkan ditentukan oleh calon guru itu sendiri. Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa kesuksesan seseorang tidak pula hanya ditentukan oleh IQ tetapi juga Non-IQ dimana IQ hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan seseorang. Oleh karena itu, seorang calon guru harus mampu membuat regulasi diri untuk mencapai kesuksesan di masa yang akan datang.